BUKIT GOMBAK DISTRICT

Sunday, November 30, 2008

Sejarah Pohon Natal

Banyak sekali dongeng mengenai asal usul dari pohon Natal, orang yg tidak berkenan dgn pohon Natal, memberikan dongeng sebagai berikut:
Bangsa Rumawi menggunakan pohon cemara untuk perayaan Saturnalia, menghiasinya dengan hiasan2 kecil dan topeng2 kecil, karena pada tgl 25 Desember itu adalah tgl hari kelahirannya dewa matahari Mithras yg asalnya dari dewa matahari Iran yg kemudian dipuja di Roma. Maka dari itu juga hari Minggu adalah hari untuk menyembah dewa matahari sesuai dgn arti kata Zondag, Sunday atau Sonntag. Perlu ditekankan disini dewa2 matahari lainnya juga seperti Osiris, dewa mataharinya orang Mesir, dilahirkan pada tgl 27 Desember. Dewa matahari Horus dan Apollo pada tgl. 28 Desember. Maka dari itu juga ada aliran2 gereja tertentu yg mengharamkan tradisi pohon Natal ini sebab dianggap memuja dewa matahari.
Cerita lainnya lagi ialah: tradisi penggunaan pohon Natal ini berasal dari Martin Luther (1483-1564) yg mempopulerkan pohon Natal di Jerman. Ia begitu berkesan akan keindahan suasana Natal dan bertaburannya bintang diatas pohon cemara di sekitar rumahnya, sehingga ia berusaha untuk mengalihkan suasana Natal ini ke dlm rumahnya dgn cara mendekorasi pohon cemara tsb menjadi pohon Natal. Pertama kali pohon Natal tercantum secara tertulis di Elsas pada th 1520, sedangkan lukisan tertua yg menggambarkan pohon natal dihias berasal dari th 1579. Baru di th 1850 pohon Natal itu merambat menjadi tradisi di seluruh dunia. Pohon Natal bukanlah suatu keharusan di gereja maupun dirumah sebab ini hanya merupakan simbol saja agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi kesaksian yg indah bagi orang lain "evergreen". Pohon Natal (cemara) ini juga melambangkan "hidup kekal", sebab pada umumnya di musim salju hampir semua pohon rontok daunnya, terkecuali pohon cemara yg selalu hijau daunnya. Sedangkan perkataan Natal sendiri berasal dari bhs Portugis yang artinya maulid, kelahiran, seperti dalam istilah Dies Natalis (Hari Kelahiran), adalah satu dari kata-kata, misalnya: sekolah, gereja, keju, mentega, yg kita warisi dari misioner Portugis yg dtg ke Indonesia pada akhir abad XV. Sedang kata Christmas berasal dari kata Cristes maesse, frase dlm bhs Inggris yg berarti Mass of Christ (Misa Kristus). Kata Christmas sering disingkat menjadi Xmas. Sebab abjad "X" adalah abjad pertama dlm bhs Yunani untuk nama Kristus (Yesus).

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home